Minggu, 22 November 2009

Kamera - Keluarga Poket

Sesuaikan dengan Keperluan


Kamera digital poket atau digital compact camera merupakan tipe yang paling banyak diproduksi dan digunakan orang. Kamera-kamera ini menggunakan sensor berukuran kecil, antara 1/2.5 hingga 1/1.6 in, dan sudah memiliki sistem lensa yang terintegrasi. Ringkas, ringan & praktis.
Jika ditinjau lebih dalam, sebetulnya ada beberapa tipe kamera compact. Yang perlu dicatat, perbedaan kelas tidak berkaitan dengan perbedaan kualitas gambar yang dihasilkan. Semua kamera dirancang untuk dapat merekan dengan tajam pada berbagai jarak obyek.
Dalam pengamatan saya, kamera-kamera ini dapat dikelompokkan menjadi:
  1. Kamera poket point & shot
    Kamera dari kelas ini memiliki mode pengaturan yang terbatas, biasanya hanya mengandalkan mode auto dan beberapa scene program. Nilai lebihnya adalah pada harga yang sangat terjangkau & kemudahan penggunaan.
    Kamera-kamera di kelompok ini ini sangat praktis dan sudah mencukupi jika digunakan untuk mendokumentasikan kegiatan sehari-hari, misalnya tamasya bersama keluarga, kegiatan anak-anak, dokumentasi kegiatan kantor, dan sebagainya.Yang termasuk dalam kelas ini, misalnya: Kodak C180, Canon A480, Nikon L19, Olympus FE-25, Sony S930, Fujifilm seri Z20.
  2. Kamera poket mode lengkap
    Dapat dikenali dengan adanya mode PASM pada dial utamanya. Kamera ini memungkinkan pengguna untuk melakukan eksperimen & eksplorasi lebih daripada sekendar membidik & menekan shutter. Fotografer bisa ikut menentukan, seperti apa foto yang ingin diperoleh dengan mengatur sendiri speed shutter, aperture, atau keduanya. Kamera yang termasuk tipe ini di antaranya: Canon S90, Canon G11, Panasonixc FX580, Samsung TL 320
  3. Kamera superzoom
    Selain memiliki mode pengaturan yang lengkap, kamera ini memiliki lensa dengan zoom range besar, biasanya di atas 10x. dengan kelengkapan fitur & fasilitas zoom ini, fotografer bisa berkreasi dengan berbagai setting pemotretan. Kelas ini biasanya disebut prosuer atau bridge camera. Yang termasuk di dalamnya, misalnya Canon SX10 IS, Nikon P90, Kodak Z1093, Fuji S100 fs, Sony H20, Olympus SP565 UZ, Panasonic FZ28
  4. Kamera dengan disain khusus
    Dirancang untuk memenuhi kebutuhan tertentu, kamera-kamera di kelas ini tidak cocok dimasukkan dalam kelas-kelas yang sudah disebut di atas karena adanya fitur unggulan yang tidak terdapat pada kamera lain. Misalnya:
    • Kemampuan memotret di dalam air pada Olympus Mju 8000 dan Sanyo Xacti CA8
    • Disain yang inovatif & fashionable pada Canon Ixus, samsung TL225 & Olympus Mju 6010

Masing-masing kamera memiliki kelebihannya sendiri dan sudah pasti berkorelasi dengan harga yang ditetapkan. Oleh karena itu, sesuaikan tipe yang akan dibeli dengan keperluan Anda.
Semoga bermanfaat.

5 komentar:

  1. Mohon rekomendasinya untuk budget 1,5 jt,KD poket jenis apa yg baik scara performa untuk keperluan kerja outdoor.. terima kasih banyak

    BalasHapus
  2. @Mangoloi Silalahi: Terima kasih kembali, senang bisa membantu.
    @hanya: sebaiknya beli poket ekonomis aja, silakan lihat catatan saya di sini:
    http://fotografi-dasar.blogspot.com/2009/11/kamera-compact-yang-ekonomis.html
    alternatif tambahannya, Samsung ES-15 menurut saya cukup bagus.
    Klo budgetnya bisa naik ke sekitar 2jt, bisa pakai Fujifilm S1500 Superzoom.

    BalasHapus
  3. om...q rencana mo nyari Kodak Z915,ada pengalaman gak..katanya bermasalah di kompresi,tapi q gak ngerti apakah ngaruh bgt..

    klo ada alternatif lain?
    thx

    BalasHapus
  4. Belum pernah nyoba yg Z015. Tonal Kodak emang agak lain, tp klo soal ketajaman kelihatannya ga ada masalah.

    BalasHapus