Rabu, 25 November 2009

Rekayasa Foto - Panning jadi-jadian

Menggerakkan yang Diam dengan Motion Blur


Sudah mencoba teknik panning berkali-kali tapi masih juga belum berhasil?
Yang di bawah ini, sebetulnya bukan pakai panning
Klik pada gambar untuk menampilkan ukuran besar
Ada teknik Photoshopper untuk memperoleh foto pseudo-panning dari sebuah obyek diam. Berikut langkah-langkahnya:
  1. Buka foto obyek yang akan di-‘panning’ dengan Photoshop. Di sini saya gunakan foto mainan anak saya, Honda Accura 1:30 yang difoto dengan mode makro
  2. 2. Isolasi obyek utama dari latar belakang. Anda dapat menggunakan marquee tools, magic wand, lasso tools atau apa saja, asalkan berhasil mengisolasi obyek dengan rapih
  3. 3. Klik Select  Inverse shingga background menjadi area yang dipilih
  4. 4. Klik Filter  Blur  Motion Blur, pilih setting yang dikehendaki. Dalam contoh ini saya menggunakan setting 30 pixel
  5. 5. Latar belakang sudah bergerak, tapi tentunya aneh klo velg mobil tetap diam, jadi saya select setiap velg dengan marquee tool berbentuk ellips. Untuk memilih ellips marquee tool, tekan & tahan button marquee tool hingga memunculkan semua opsi
  6. 6. Select kedua velg. Jika sulit, Anda dapat melakukannya satu per satu

  7. 7. Klik Filter  Blur  Radial blur, pilih setting yang dikehendaki, di sini saya gunakan angka 20
  8. Foto ‘pseudo-panning’ a la Photoshopper seperti gambar pertama di atas sudah saya pereoleh :-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar