Selasa, 02 Februari 2010

Aksesoris - Lensa Manual

Artikel ini merupakan penjelasan untuk pertanyaan dari salah seorang member di group belajar Fotografi.
Lensa manual jadul umumnya merupakan alternatif yang lebih ekonomis dan pada dasarnya tetap dapat dipakai pada kamer SLR digital baru. Tentu ada beberapa persyaratan untuk bisa menggunakannya.
Syarat pertama, Anda harus bisa menemukan cara yang tepat untuk memasangnya di body. Resiko ini harus dipertimbangkan karena bentuk ulir lensa jadul mungkin tidak sesuai dengan mounting pada body kamera. Jika mounting lensanya tidak sesuai, Anda perlu mencari adapter yang tepat.
Syarat kedua
, Anda harus punya mata yang bagus. Mengingat lensa jadul adalah lensa manual, fitur autofokus pada kamera kemungkinan besa tidak dapat digunakan, jadi sebaiknya pasang setting fokus pada MF (Manual Fokus) dan andalkan kerjasama antara mata & jari Anda untuk memperoleh fokus yang tepat.
Syarat ketiga, feeling Anda terhadap kondisi pencahayaan harus terasah dengan baik. Kamera digital sudah dilengkapi dengan fasilitas metering dan kompensasi cahaya. Fitur ini juga tidak berfungsi pada lensa jadul, jadi Andalah yang harus mengambil peran untuk memastikan sensor menerima cukup cahaya.
Dalam hal pencahayaan ini, terdapat perbedaan fisik antara lensa manual dengan lensa digital seperti gambar di bawah:

 
Pada lensa manual (atas) terdapat 2 ring, yaitu:
1. Focusing ring untuk menentukan jarak fokus
2. Aperture ring untuk menentukan lebar bukaan aperture
Pada lensa digital, bukaan aperture dikendalikan secara elektronis melalui kamera, jadi hanya ada focusing ring saja.

Nah, untuk memperoleh bukaan aperture yang tepat, Anda harus tahu kombinasi setting antara shutter speed dan aperture berdasarkan kondisi pencahayaan saat pemotretan. Pemahaman mengenai BDE akan sangat membantu Anda dalam hal ini.
semoga bermanfaat.

6 komentar:

  1. om awan, mo minta pencerahan lg donk...
    ane pny lensa manual, di depan nya ada tulisan "polar, automatic, 1:2.8, f=35mm" itu smua artinya apa y om? makasih sebelumnya...

    BalasHapus
  2. Ini pertanyaan yg sama dengan yg di forum Kamera-Digital kan ya?
    1:2.8 berarti bukaan aperture maksimum 1/2.8
    f=35 mm berarti jarak fokusnya 35 mm
    Klo lihat speknya, kelihatannya lensa ini pas buat foto model/ portrait.
    polar berkaitan dengan coating yang menyaring cahya-cahaya panulan (glare) dan meredam flare

    BalasHapus
  3. om saya mu nanya, lensa yg tepat untuk nikon d3000 apa yaaa, untuk landscape photography, bserta mrek dn tipe modelnya...

    BalasHapus
  4. @Ryan: karena catatan ygini tentang lensa manual, pd dasarnya bisa pakai lensa apa saja, asalkan punya adapter yg pas untuk masang lensa ke body.
    Tp klo yg dimaksud adalah lensa yg bisa berfungsi penuh (focusing, setting & metering) pada body D3000, berarti harus pakai lensa Nikon yg 3rd party-nya yg motorized (ada motornya di lensa) karena body D3000 (dan D5000) tidak memiliki motor penggerak lensa.
    Untuk referensinya, silakan lihat situs:
    http://imaging.nikon.com/products/imaging/lineup/lens/simulator/index.htm

    BalasHapus
  5. om mohon pencerahan : mengenai lensa manual.
    sebelumnya saya pake kamera analog, sekarang lg blajar digital. kamera saya Nikon D70 pengen tau mengenai lensa manual. Kalo saya mo pasang D70 saya dengan lensa manual bagaimana caranya, lensa apa saja, bengkel dijakarta yang bisa dimana dan biayanya kira-kira berapa?
    maaf yen pertanyaan saya banyak, saya tunggu jawabannya om awan...makasih...

    BalasHapus
  6. Coba buka site http://www.lensamanual.net
    banyak informasi di sana yang akan sangat bermanfaat untuk Anda

    BalasHapus