Selasa, 02 Februari 2010

Istilah dalam Fotografi - A

Maaf kalau baru kepikiran sekarang. Terima kasih untuk yang nanya tentang istilah. Karena cukup banyak, jadi nanti dimuatnya bertahap aja ya. Supaya gampang saya bikin per huruf seperti kamus.


  1. A
Singkatan dari Aperture Priority, mode pemotretan dengan lebar bukaan ditentukan oleh fotografer. Kamera akan menentukan shutter speed yang diperlukan agar foto memperoleh pencahayaan yang mencukupi.
  1. A-DEPTH
Fitur yang memungkinkan fotografer untuk mengfatur agar gambar terekam tajam pada jarak tertentu.  Pada kamera analog, kamera akan melakukan 2 kali pemotretan pada frame yang sama dengan bukaan aperture yang berbeda. Pada pemotretan ini subyek foto dituntut untuk tidak bergerak.
  1. AE
Auto Exposure, pemotretan secara otomatis dengan setting ditentukan oleh kamera
  1. AE-lock
Auto Exposure Lock, pemotretan secara otomatis dengan setting awal ditentukan oleh kamera dan disimpan untuk pemotretan berikutnya. AE-lock dapat mempercepat proses pemotretan karena kamera tidak perlu lagi mengatur setting baru pada frame-frame berikutnya.
  1. AF
Auto Focus, fitur yang memungkinkan kamera melakukan fokus pada obyek tanpa campur tangan fotografer. Pada umumnya kamera akan mengambil fokus pada obyek yang berada di tengah frame.
  1. AF-lock
Auto Focus Lock, fitur yang memungkinkan kamera melakukan fokus pada obyek tanpa campur tangan fotografer. Proses ini hanya dilakukan pada frame pertama dan selanjutnya kamera akan menggunakan jarak tersebut pada frame-frame berikutnya. Fitur ini berguna untuk mempercepat proses pemotretan berurutan, misalnya pada pemotretan sport/ olahraga
  1. ASA
Singkatan dari American Standard Association yang digunakan sebagai ukuran kepekaan film. Istilah ini sudah jarang digunakan, organisasinya pun sudah berubah nama. Istilah yang lebih sering digunakan saat ini adalah ISO, nilai ASA sama dengan ISO. .
  1. AUTO
Mode pemotretan cepat tanpa campur tangan fotografer. Kamera akan secara otomatis menentukan fokus dan setting pencahayaan.
  1. Av (=A)


Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar