Senin, 04 Januari 2010

Tips - HDR untuk Obyek Gelap

Kereta Kuno di Hari Cerah


Akhir tahun lalu saya bersama keluarga mengunjungi Museum Kereta Api di Ambarawa. Tiket masuknya murah meriah, Rp 3000 untuk dewasa dan Rp 2000 untuk anak-anak, jadi kami berempat hanya perlu membayar Rp 10.000 untuk masuk ke museum & melihat-lihat koleksi di dalamnya.

Ada lebih dari 25 lokomotif kereta api kuno berbahan bakar batubara yang tersimpan di sana. Dengan stasiun yang settingnya dipertahankan tetap seperti pada masa kolonial Belanda, lokasi ini sangat menarik untuk pemotretan model atau pre-wed dengan tema Colonial. Selain koleksi lokomotif, program menarik yang ditawarkan oleh Museum ini adalah kereta api wisata dengan rute pegunungan di sekitar Ambarawa. Sayang, karena kami dalam perjalanan, waktu yang ada tidak mengizinkan untuk dapat menikmati program kereta wisata tersebut.

Koleksi lokomotif kuno yang bercat warna hitam menjadi tricky ketika dipotret di siang hari dengan langit yang cerah. Penggunaan metering dengan multisegment atau centre-weighted akan menyebabkan langit menjadi over-exposed dan kehilangan warna birunya, sedangkan penggunaan average metering akan menyebabkan badan kereta menjadi terlalu gelap dan kehilangan detilnya. Untuk mengatasi problem itu, saya memotret dengan menggunakan mode bracketing, 3 exposure dengan selisih (+-) 1 EV setiap frame. Hasil yang diperoleh adalah sebagai berikut:

Selanjutnya, untuk mengolah ketiga frame tersebut dengan teknik HDR, sayagunakan software Dynamic-Photo HDRI dengan mode ultra contrast. Hasil akhir yang diperoleh adalah sebagai berikut:

Untuk mendapatkan software Dynamic HDRI, silakan men-download di sini:
Download Dynamic-Photo HDRI
Semoga bermanfaat

6 komentar:

  1. kalau mau ikut program jalan2 pake lokomotif yang pake bahan bakar batu bara sebaiknya ngajak temen dulu karena sebenernya dia bayar untuk sekali tour PP dari Ambarawa kalo ga salah sampe diatasnya kopi Eva asik juga lo kalo bisa ... kalo belum naik sekali trip sekitar 4.000.000 an...
    so kalo mau ngajak temen seklub sekalian kan kalo makin banyak orangnya bayarnya bisa makin murah ... cuman yang perlu dikonfirmasi maksimal jumlah penumpangnya karena ada rute yang nanjak... takutnya keretanya ga kuat hehehehe

    BalasHapus
  2. HDR tuh apa ya mas?
    masih newbie nih.. hehe..

    BalasHapus
  3. HDR = High Dynamic Range
    Andaikan kita punya jajaran 3 juta warna dari putih sampai hitam, kamera hanya mampu merekam 2 juta untuk setiap frame. Akibatnya warna-warna yang terlalu kontras akan kehilangan detil. Ini akan terjadi di daerah yang terlalu gelap (pada gambar di atas adalah badan lokomotif) atau daerah yang terlalu terang (dalam gambar di atas adalah langit)
    Untuk bisa memperoleh semua detil, kita memotret 3 kali dengan rentang yang berbeda, jadi keseluruhan 3 juta warna dapat terekam. Dengan software HDR ini, ranah warna akan ditata ulang sehingga detil-detil yang ada di daerah gelap (bada lokomotif) maupun daerah terang (langit) bisa muncul kembali.
    Oerhatikan perbedaan pada 3 gambar awal dengan gambar yg sudah diolah lagi

    BalasHapus
  4. mungkin link ini bisa membantu untuk Dynamic-Photo HDRI versi 4.8
    www.mediafire.com/?ik8po6l7xy6c78b

    untuk Dynamic-Photo HDRI versi 5.0

    http://hotfile.com/dl/90775613/f68ebaa/MediaChance_Dynamic.Photo_HDR_v5.0.zip.html

    BalasHapus