Senin, 08 November 2010

Kamera Kompak vs Kamera Handphone

Kamera poket digital HP M407 - kamera digital pertama yang saya punya - sempat jatuh dan body-nya berantakan. Setelah dicoba untuk disatukan kembali, kamera ini sebetulnya masih bisa berfungsi tetapi LCD-nya mati total. Untuk memotret masih bisa dipakai karena kamera ini punya optical viewfinder, tapi menunya tidak bisa diakses, kecuali dengan penuh perasaan ... hehehe ...
Tadi malam, masih dalam rangka "nostalgia", kamera kecil ini saya bawa jalan-jalan. Ndilalah, saya terjebak hujan. Jadi sambil menunggu hujan reda, saya coba bandingkan hasil jepretan kamera HP M407 ini dengan hasil dari Nokia N95. Setiap gambar dapat di-klik untuk menampilkan ukuran lebih besar. Berikut perbandingannya:

Data EXIF dari masing-masing foto sebagai berikut:

Crop 100% dari masing-masing foto:

Crop 100% dari setiap kamera menunjukkan bahwa hasil dari Nokia N95 lebih tajam dan menampilkan lebih banyak detil. Hal ini mungkin disebabkan oleh penggunaan lensa Carl Zeiss Tessar 2.8/6 dan shutter speed yang lebih tinggi.

Kesimpulan:
Teknologi fotografi senantiasa berkembang. Bukan hanya DSLR entry level modern yang mampu mengimbangi DSLR profesional, tetapi kamera handphone pun telah melewati apa yang dicapai kamera digital kompak beberapa tahun yang lalu.
Jadi, jangan bepergian tanpa kamera. Walaupun hanya kamera handphone, jangan biarkan momen berlalu tanpa diabadikan :-)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar