Minggu, 25 Juli 2010

Tips Belanja Online Aman dan Selamat

Untuk menghemat anggaran belanja peralatan, saya sering berburu barang seken dan barang murah melalui pembelian secara online. Bahkan untuk membeli barang di pasar pun saya akan bandingkan dengan data harga yang saya peroleh dari browsing di Internet. Tetapi ternyata tidak tidak hanya barang murah saja yang dapat kita peroleh, terkadang para penjahat pun memanfaatkan Internet untuk melakukan aksinya seperti yang terjadi pada seorang kawan yang kehilangan 17 juta Rupiah melalui transaksi online. Kronologis lengkapnya, silakan dibaca di link:
http://www.kamera-digital.com/forum/viewtopic.php?TopicID=26103&page=1



Dari situlah saya pikir perlu untuk sedikit sharing pengalaman belanja online agar teman-teman lain tidak sampai menjadi korban dan dapat melindungi diri dari para penjahat dunia virtual ini. Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan sebelum berbelanja, khususnya dalam alat & aksesoris fotografi:


1. Lebih aman belanja melalui forum hobi/ komunitas
Ada berbagai situs komunitas di Internet dengan karakternya masing-masing. Kaskus misalnya, memiliki jumlah anggota yang besar dengan berbagai interes. Namun sebagaimana sebuah kota besar dengan penduduk padat, satu sama lain tidaklah terlalu mengenal. Situs komunitas hobi seperti Fotografer.Net, Kamera-Digital.Com, Jakarta Photo Club dan situs-situs hobi lainnya - menurut pengamatan saya - memiliki keakraban yang lebih antar anggotanya. Kadi, bergabunglah dengan komunitas yang sesuai dengan keperluan. Ini dapat dimanfaatkan untuk memastikan kredibilitas penjual


2. Survei harga barang
Sebelum memutuskan untuk melakukakn pembelian, bandingkan dahulu harga yang ditawarkan  Jika harganya lebih murah, perlu untuk bersikap kritis, mencari alasan mengapa harganya menjadi lebih murah. "Harga tidak pernah bohong", harga yang lebih murah dapat menjadi tanda adanya sesuatu yang disembunyikan, tetapi pada kesempatan-kesempatan khusus memang ada harga promosi yang menarik. 


3. Pastikan reputasi penjual
Langkah-langkah untuk melakukan penelitian terhadap reputasi penjual adalah:
(a) lihat username penjual
(b) masuk ke halaman member dan periksalah:

  1. sudah berapa lama dia terdaftar
  2. lihat angka reputasinya
  3. berapa banyak posting item jualan atau komentar dalam forum atau komunitas tersebut
  4. perhatikan "akhir" dari setiap penjualan & testimoninya

(c) Usahakan untuk membeli barang dari "recommended seller"


4. Pilih mode transaksi paling aman
Mode transaksi paling aman tentulah jika penjual & pembeli dapat bertemu sehingga kesepakatan dapat dilakukan dengan jelas. Jika penjual dan pembeli berada di 1 kota, sebaiknya transaksi dilakukan COD (Cash on Delivery). Namun jika tidak memungkinkan, dapat digunakan jasa pihak ke-3 yang disebut "rekening bersama".
Rekening bersama adalah rekening milik seseorang yang memiliki reputasi baik, mungkin moderator forum, yang berfungsi sebagai "penjamin" agar transaksi tidak merugikan pihak pembeli maupun penjual. Pengelola rekening bersama akan menerima pembayaran dari pembeli dan menahan dananya transaksi selesai.  Setelah dana masuk ke rekening, pengelola akan menginstruksikan penjual untuk mengirim barang. Setelah barang diterima dan dikonfirmasi oleh pembeli, barulah pengelola membayarkan dana ke penjual.
Sistem transaksi rekening bersama ini mungkin dikenakan jasa 2-5% nilai transaksi. 


5. Minta bantuan rekan
Ini merupakan salah satu keuntungan bergabung dengan komunitas. Kita dapat meminta rekan sesama anggota yang tinggal di satu wilayah dengan penjual untuk memasikan dan menerima barang yang hendak dibeli. Rekan ini pada dasarnya bertindak sebagai pengelola rekening bersama.


Semoga bermanfaat!

2 komentar:

  1. teriksih infonya gan... slm

    BalasHapus
  2. Sdh nulis ini aja sy masih kena juga lho ... :-(
    Makasih udah mampir ya ...

    BalasHapus